Drama persidangan kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin usai menenggak es Kopi Vietnam dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso memasuki babak baru. Setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Jessica 20 tahun penjara, kini giliran rekan Mirna semasa kuliah di Australia tersebut membacakan nota pembelaan atau pleidoi.

Kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan mengungkapkan dibutuhkan waktu lima hari untuk membuat 3.000 halaman nota pembelaan terhadap tuntutan Jaksa kepada kliennya. Nota pembelaan sebanyak itu dibuat untuk mengungkap pernyataan yang tidak diungkapkan Jaksa dalam kesimpulan pada agenda sidang tuntutan pekan lalu.

“Kenapa banyak, karena Pak Jaksa tidak mengungkap semua, jadi banyak. Kita kan lengkap karena ahlinya jaksa kita buat dan ahli kita juga buat,,” ungkap Otto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (12/10).

Otto menambahkan nota pembelaan berisi semua pernyataan dari berbagai ahli dan saksi yang dihadirkan saat persidangan. Termasuk pernyataan yang memberatkan dan meringankan terdakwa Jessica dari saksi JPU maupun pihaknya.

“Kita bicarakan semuanya kalau A kita buat A. Kita buat terang benderang ya. Baik sisi negatif positif merugikan terdakwa atau menguntungkan, biarlah hakim menilai,” ujar Otto.

Nantinya, Jessica sendiri yang akan membacakan pleidoi yang dibuatnya sendiri. Otto mengaku pembelaan yang dibuat Jessica murni curhatan Jessica yang ditunduh membunuh Mirna dengan racun sianida (mdk|dwk)

LEAVE A REPLY