mAtAsAkti.com | MONAKO – UEFA telah merampungkan pengundian pembagian grup peserta Liga Champions 2017/18 di Grimaldi Forum, Monako, Perancis, Kamis (24/8/2017) malam WIB.

Eks bintang AC Milan, Andrei Shevchenko dan legenda AS Roma, Francesto Tooti didapuk untuk menjadi host di acara yang dihadiri para superstar lapangan hijau tersebut.

Totti yang baru saja mendapatkan penghargaan Anugerah Presiden UEFA 2017 bertugas untuk mengundi klub atau peserta, sedangkan Sheva mengambil bola-bola kecil berisi nama-nama grup.

Grup Liga Champions musim 2017/18 sendiri dibagi ke dalam 8 grup, A hingga H dan masing-masing grup diisi empat tim atau klub dari liga atau negara yang berbeda.

Pengundian fase grup ini diikuti 32 peserta atau klub dari berbagai liga di Eropa. Sebanyak 22 klub di antaranya lolos secara langsung dan sisanya harus melewati babak play-off yang telah selesai digelar, kemarin.

Dari keseluruhan klub yang terlibat musim ini, Liga Primer Inggris menjadi penyumbang terbanyak dengan liga klub, yakni Manchester United, Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Liverpool.

Manchester United sendiri lolos karena menjuarai Liga Europa usai membungkam  wakil Jerman Hoffenheim dengan kemenangan agregat 6-3.

Sedangkan La Liga atau Liga Spanyol mengirimkan empat peserta terbaiknya, yakni juara bertahan Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla.

Serie A Italia kali ini mengirimkan tiga klub diwakili runner up Liga Champions 2016/17, Juventus, AS Roma, dan Napoli.

Sementara itu kejutan datang dari Qarabag FK. Klub asal Azerbaijan menjadi klub pertama yang mampu melaju ke babak utama Liga Champions.

Klub yang berkiprah di Liga Utama Azerbaijan tersebut mengukir sejarah usai mengandaskan wakil Denmark FC Copenhagen dengan kemenangan agregat gol tandang mereka.

Berikut hasil undian pembagian grup Liga Champions 2017/18:

GRUP A
Benfica (Portugal)
Manchester United (Inggris)
Basel (swiss)
CSKA Moskwa (Rusia)

GRUP B
Bayer Munchen (Jerman)
Paris Saint-Germain (Perancis)
Anderlecht (Belgia)
Celtic (Skotlandia)

GRUP C
Chelsea (Inggris)
Atletico Madrid (Spanyol)
AS Roma (Italia)
Qarabag (Azerbaijan)

GRUP D
Juventus (Italia)
Barcelona (Spanyol)
Olympiakos (Yunani)
Sporting CP (Portugal)

GRUP E
Spartak Moskwa (Rusia)
Sevilla (Spanyol)
Liverpool (Inggris)
Maribor (Slovenia)

GRUP F
Shakhtar Donetsk (Ukraina)
Manchester City (Inggris)
Napoli (Italia)
Feyenoord (Belanda)

GRUP G
AS Monaco (Perancis)
FC Porto (Portugal)
Besiktas (Turki)
RB Leipjig (Jerman)

GRUP H
Real Madrid (Spanyol)
Borussia Dortmund (Jerman)
Tottenham Hotspur (Inggris)
APOEL (Siprus)

(pjkst|dwk)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY