Lions Club dan dr Abadi foto bersama. (Jonathan/metro24jam.com)

MataSakti.com,Siantar – Lions Club bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pematangsiantar kembali menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) donor darah di Vihara Vidya Maitreya, Minggu (29/4/2018).

Sekretaris Lions Club Pematangsiantar, L Johan Sunarko, menyebut kegiatan ini merupakan agenda rutin tiga bulan sekali yang digelar untuk membantu PMI kota Siantar dalam menyuplai darahnya membantu masyarakat Siantar.

“Donor darah terbuka untuk umum guna membantu masyarakat yang sangat membutuhkan darah. Sampai saat ini terlihat masyarakat antusias menghadiri dan ditargetkan 80 kantong akan kita capai hingga siang nanti,” kata Johan usai mendonorkan darah.

Dengan motto ‘Pengabdian Masyarakat’, Johan mengatakan, donor darah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. “Menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, Memperbarui sel darah baru, serta mencegah resiko terkena penyakit langka. Bagi mereka yang membutuhkan, bahkan hanya setetes darah saja, mampu menyelamatkan nyawa mereka,” tandas pria berusia 40 tahun itu.

Sementara itu, Kepala PMI Pematangsiantar, dr Abadi Sinaga, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lions Club Pematangsiantar dan pihaknya tetap senantiasa mensosialisasikan manfaat donor darah kepada elemen masyarakat. “Menjadi suatu kegiatan rutin sebagai bagian dari gaya hidup sehat,” katanya.

Saat ini, kata dr Abadi, kesadaran masyarakat akan kesehatan sudah mulai membaik. “Namun, kesadaran itu juga harus dibarengi oleh keinginan masyarakat untuk mendonorkan darah. Jika itu terjadi, maka ketersediaan kantong darah akan tercukupi di Kota Pematangsiantar kita ini,” pungkasnya. (M24J/TR)

LEAVE A REPLY