Softlens atau lensa kontak dulu hanyalah alat bantu penglihatan pengganti kacamata yang menyerupai kornea mata Anda. Sekarang, softlens sudah dijadikan tren supaya terlihat fashionable meski mata dalam keadaan normal sekalipun. Banyak sekali macam warna dan motifnya, harga pun relatif murah. Tapi, apa saja bahayanya?

1. Infeksi kornea

Kebersihan dalam penggunaan softlens memang harus dijaga dengan baik. Jamur dan bakteri mudah saja menempel pada softlens Anda jika Anda jarang membersihkannya. Maka dari itu usahakan selalu memakai dan menyimpan softlens dalam keadaan benar-benar steril.

2. Kadar cairan khusus terhadap air mata yang tidak sesuai

Kenyamanan sangat berpengaruh dalam pemakaian softlens, terlalu renggang atau terlalu melekat akan menentukan si pemakai nyaman atau tidak. Hal ini terjadi karena tidak sesuainya kadar air mata dengan cairan khusus soflens, ketidaknyamanan tersebut dapat mengakibatkan tangan Anda selalu ingin mengucek mata yang sebenarnya tidak diperbolehkan ketika sedang menggunakan softlens.

3. Iritasi mata

Gunakanlah selalu tata cara yang benar saat mengenakan softlens. Jika pemakaian dilakukan secara tidak steril atau sudah terkena debu, akan mengakibatkan mata terasa sangat gatal, memerah yang dapat menjadikannya iritasi. Jangan menggunakan softlens terlalu lama dan tidak teratur dalam memberikan cairan khususnya.

4. Mata terkoyak soflens

Dampak buruk pada mata akan segera dialami jika tata cara yang dilakukan untuk melepaskannya itu salah, atau secara tiba-tiba mengucek mata ketika sedang menggunakan softlens. Kornea mata adalah lapisan luar mata yang paling halus dan lunak, jika melepaskan softlens dengan cara yang salah maka mata akan terkoyak sekaligus dapat merusak kornea Anda.

Begitulah kira-kira bahaya yang akan terjadi jika Anda kurang dapat berhati-hati dalam penggunaan soflens. Dan berikut bagaimana cara mengatasinya yang sangat aman bagi para pengguna softlens:

  • Dapatkan lensa dari rekomendasi dokter spesialis mata agar mendapatkan lensa yang sesuai dengan mata Anda.
  • Mencuci tangan terlebih dahulu setiap kali akan menggunakan atau melepas softlens.
  • Melepaskan softlens ketika hendak tidur.
  • Membersihkan lensa secara rutin.
  • Merawat kebersihan tempat dan rutin mengganti tempat softlens 3 bulan sekali.
  • Selalu menggunakan cairan yang baru di dalam wadah meskipun masih tampak bersih.
  • Tidak mengucek mata ketika masih dalam masa penggunaan, jika mata terasa gatal teteskan cairan khusus softlens.

Bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan softlens, hanya saja berhati-hatilah dan gunakan dengan cara yang tepat dan sesuai rekomendasi dokter demi kesehatan mata Anda. Jangan sampai, demi fashion, mata Anda yang rusak (dac|dwk)

LEAVE A REPLY