Photo : ANTARA/Irsan Mulyadi Personel Basarnas mengangkat perahu karet saat akan melakukan pencarian korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (20/6/2018).

MataSakti.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dugaan faktor penyebab kuat tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun karena over capacity penumpang. Budi menyebut dalam dokumen kapal, semestinya hanya 43 penumpang.

“Dalam dokumen kapal tersebut jumlah penumpang adalah 43 orang, meski klaim pertama 80 orang. Itu dilihat jelas ada over capacity. Sampai saat ini, kita juga belum lihat manifes,” kata Budi dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Jumat, 22 Juni 2018.

Budi menekankan dari kelaikan, KM Sinar Bangun masih layak karena mengantongi izin operasional dari dinas perhubungan setempat. Namun, sekali lagi, ia menyoroti ketaatan dalam mengangkut jumlah penumpang yang melebihi kapasitas.

“Kemarin kita berkoordinasi dengan dishub kabupaten, selaku yang memegang izin operasi untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Bagaimana adanya manifes juga menjadi keharusan,” sebut Budi.(Viva/TR)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY