mAtAsAkti.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat hari ulang tahun Pramuka yang ke-56 tahun. Kepala Negara meminta anggota Pramuka menjadi generasi yang berkarya secara inovatif dan kreatif serta menjadi generasi terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selamat ulang tahun ‎ke-56 segenap unsur Pramuka maupun yang di kantor perwakilan di luar negeri. Walaupun usia bertambah tetapi saya minta semangatnya harus tetap muda, selalu produktif dalam berkarya, inovatif, serta kreatif dan menjadi terdepan menjaga NKRI,” ujarnya saat meresmikan Pembukaan Raimuna Nasional XI Tahun 2017 di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Senin (14/8/2017).

Presiden Jokowi mengingatkan arti Praja Muda Karana yang berarti jiwa muda yang selalu suka berkarya. Menurutnya, setiap anggota harus mampu menjaga eksistensi Pramuka.

“Kita harus selalu ingat generasi Pramuka milenial Y yang berpikirnya beda dengan generasi sebelumnya. Mereka generasi adaptif kreatif inovatif. Dan untuk itu lakukan terobosan, jangan terjebak rutinitas dan monoton,” ucap Jokowi.

“‎Tinggalkan pendekatan lama yang tidak pas untuk digunakan saat ini. Bangkitkan rasa bangga sebagai anak muda pada tanah air sehingga tertanam dalam Pramuka,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan bahwa Pancasila merupakan rumah Pramuka dan bangsa Indonesia. “Saya Pramuka, saya Indonesia, saya Pancasila,” tukasnya (kzn|dwk)

LEAVE A REPLY