Pembalap nasional yang tergabung dalam tim Manor Racing Rio Haryanto mengakui bahwa trek di Sirkuit Hongaroring, Hungaria, yang menjadi ajang race kesebelas lomba balap mobil Formula Satu (F1) pada 22-24 Juli 2016 sangat menantang.

“Trek ini cukup kejam, dalam hal Anda tidak mendapatkan banyak waktu untuk menarik nafas di setiap putarannya,” kata Rio Haryanto seperti yang disampaikan Media Relations Cep Goldia, Jumat (22/7).

Menurut pembalap berusia 23 tahun tersebut, dibutuhkan konsentrasi maksimum di hampir setiap kesempatan jika benar-benar ingin mencatatkan lap yang baik, tetapi ketika berhasil melakukannya, itu sungguh sangat menyenangkan.

“Saya menyukai semua hal tentang Hungaria, terutama sirkuitnya. Saya menang di sini tahun 2011 di GP3 – dengan tim GP3 Manor Racing. Saya tiba di sini dua hari yang lalu, jadi saya punya banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan suhu tinggi yang kita hadapi di sini saat ini, dan untuk sedikit menjelajahi kota. Saya sudah ke sini beberapa kali sekarang dan tempat ini setiap tahunnya terlihat lebih bagus. Dari GP2 saya memahami ini adalah sirkuit yang benar-benar menarik dan menantang secara teknis,” katanya.

Pembalap asal Solo, Jateng, tersebut mengaku lebih siap tampil di Hungaria mendatang setelah menjalani tes di Silverstone, Inggris, beberapa waktu lalu.

“Kami membuat kemajuan yang baik di sepanjang tes, mencoba beberapa paket pengembangan baru kami dan beberapa dari mereka akan diperkenalkan di sini akhir pekan ini. Akan ada beberapa manfaat jangka pendek dan panjang, sehingga efeknya akan muncul selangkah demi selangkah, tapi saya pikir ini akan membantu kami untuk terus mengurangi jarak terhadap rombongan lini tengah,” katanya.

Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto, pembalap asal Jerman, Pascal Wehrlein mengatakan, Grand Prix Hungaria selalu menjadi acara yang menarik dan tentu saja setelah itu Grand Prix rumah saya (Jerman) — yang sudah saya paling nantikan–.

Ia mengatakan, kondisi aspal di trek Hungaria sangat familier bagi dirinya.

“Saya hanya pernah membalap di Hungaroring sekali sebelumnya, tapi tentu sudah berkali-kali di Hockenheimring. Keduanya trek hebat untuk alasan-alasan yang berbeda dan tentu saja Jerman akan memiliki makna khusus sebagai balapan rumah pertama dari karir F1 saya. Saya berharap itu hanya yang pertama dari sekian banyak,” katanya.

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan, Hungaria selalu menjadi Grand Prix yang fantastis dan timnya akan memulai debut beberapa paket pengembangan yang telah diuji pada tes Silverstone pekan lalu. “Jerman adalah balapan rumah Pascal dan mitra powertrain kami Mercedes HPP, jadi tentu saja kami sangat besemangat untuk memberikan kinerja terbaik di depan ‘keluarga’,” katanya.

Sirkuit Hongaroring di Hungaria ini memiliki panjang lintasan 4.381 kilometer. Latihan resmi pertama dilaksanakan Jumat (22/7) pukul 10.00 hingga 11.30 waktu setempat kemudian dilanjutkan latihan kedua mulai pukul 14.00 hingga 15.30 waktu setempat.

Latihan resmi ketiga dilaksanakan Sabtu (23/7) pukul 11.00 hingga 12.00 waktu setempat dan dilanjutkan babak kualifikasi untuk menentukan nomor usut star pembalap pada pukul 14.00 hingga 15.00 waktu setempat, sedangkan reca kesebelas dilaksanakan pada Minggu (24/7) pukul 14.00 waktu setempat (bsc|dwk)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY