Para Guru se-Indonesia merayakan Hari jadinya yang ke-70. Ini adalah moment penting bagi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Seluruh sekolah di Indonesia merayakan Peringatan Hari Guru ini dengan berbagai cara dan kegiatan disekolah masing-masing.

Seakan tak ingin kalah dengan Moment ini, raksasa internet dunia “Google” juga ikut berkontribusi dengan moment syakral ini untuk dunia pendidikan indonesia.

Hari Guru Nasional yang tahun ini jatuh pada Rabu, 25 November 2015 dirayakan di Google hari ini. Hari Guru bukan monopoli Indonesia semata. Berbagai negara di dunia memperingati hari ini pada tanggal yang berbeda-beda berdasarkan dengan kejadian penting yang dikaitkan dengan hari tersebut. Lalu mengapa Hari Guru di Indonesia dirayakan setiap 25 November?

Saat kita masuk ke halaman utama google hari ini, ada animasi doodle yang sangat menarik hati. Dalam sebuah kotak yang menampung kata Google, terdapat dua tangan yang silih berganti menulis. Tangan yang lebih besar, adalah tangan guru yang mengajari sang murid perhitungan matematika. Sementara itu, ada latar notasi balok, kerak bumi, rumus kerucut, bagan otak manusia, hingga susunan tata surya yang sudah menjadi santapan sehari-hari siswa di Indonesia.

Google memang mendedikasikan animasi ini untuk Hari Guru Nasional yang dirayakan hari ini. Hari Guru di Indonesia diperingati mengikuti hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebelumnya pada 24-25 November 1945, para guru yang tergabung dalam PGI (Persatuan Guru Indonesia) menggelar Kongres Guru Indonesia di Solo. Dari kongres tersebut, lahirlah PGRI.

Di berbagai belahan dunia, Hari Guru diperingati pada tanggal yang berbeda. Misalnya di Argentina, Hari Guru jatuh pada 11 September setiap tahunnya untuk memperingati wafatnya Domingo Faustino Sarmiento, pendidik dan politisi Argentina.Brunei Darussalam punya tanggal berbeda, yaitu 23 September setiap tahun untuk memperingati hari lahirnya Sultan Omar Ali Saifuddien III, yang disebut-sebut sebagai Bapak Brunei Modern.
Sementara itu secara umum seluruh dunia memperingati Hari Guru pada 5 Oktober, sesuai dengan Hari Guru Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 1994 (dac|dwk)

LEAVE A REPLY