Pemimpin Partai Komunis China Sun Zhengcai. (Foto: AFP/Wang Zhao)

MataSakti.com – Pengadilan China menjatuhkan vonis penjara seumur hidup bagi bos Partai Komunis Kota Chongqing, Sun Zhengchai. Hukuman diambil usai Sun terbukti melakukan korupsi besar.

Sun merupakan politikus teranyar Partai Komunis China yang dipenjara karena tersandung korupsi. Di bawah pemerintahan Presiden Xi Jinping, China melakukan operasi pemberantasan korupsi besar-besaran.

Saat diadili di pengadilan kota Tianjin, Sun mengaku menerima suap sebesar USD 27 juta atau setara Rp379 miliar.

“Setelah menjatuhkan vonis, Sun mengakui kesalahannya, menyatakan akan bertobat dan tak akan banding,” sebut seorang pejabat kota Tianjing seperti dikutip dari Reuters, Selasa (8/5).

Pria 54 tahun itu telah dicopot dari jabatan Pimpinan Partai Komunis Chongqing yang merupakan salah satu kota penting di China pada Juli lalu. Posisinya digantikan oleh Chen Miner yang adalah orang dekat Presiden Xi.

Jaksa setempat menyatakan, Sun berulang kali menerima uang sogokan ketika menjabat berbagai posisi penting di Chongqing. Aksinya tersebut diduga kuat dimulai Sun 15 tahun lalu.

Semenjak berkuasa 2012 lalu, Xi menyatakan siap melakukan operasi pemberantasan korupsi besar-besaran. Targetnya dari pejabat tinggi hingga kecil yang disebutnya “dari lalat hingga macan”.

Sejak saat itu, ribuan politikus, pejabat militer, dan pemegang jabatan publik di China dipenjara akibat terbukti melakukan korupsi.(Kumparan/TR)

LEAVE A REPLY