Pelatih timnas basket putra Fictor Roring (dua dari kiri) mengawasi latihan perdana di Hall A Senayan, Jakarta (16/12).

MataSakti.com, Jakarta – Timnas basket Indonesia menyabet medali emas di test event Asian Games 2018. Di ajang sesungguhnya, si pelatih punya target mencapai babak kedua.

Tim basket Indonesia berhasil mengalahkan India 78-68 di laga final yang berlangsung di Hall A Gelora Bung Karno, Senin (12/2/2018) malam WIB. Fictor Roring berharap keberhasilan itu berdampak besar terhadap tim.

Salah satunya, untuk melecut semangat tim agar mampu melampaui target pribadi pelatih. Fictor tak mematok target tinggi pada Asian Games nanti. Dia berharap agar anak asuhnya mampu melaju sampai ke babak kedua, meskipun Presiden INASGOC, Erick Thohir, sempat minta delapan besar.

“Semoga ini jadi pelecut buat kami. Tapi, jujur ini berat sekali buat kami. Jangan terkejut kalau kami kalah dengan margin yang besar di sana (Asian Games),” kata Fictor.

“Kalau kami punya persiapan yang matang, bagus komunikasi, dan seluruh aspek lancar semoga kami bisa kasih yang terbaik,” Fictor menjelaskan.

“Saya ketemu pak Erick dan dia bilang ‘coach delapan besar, ya’. Tentu kami mau itu dan tidak ada yang mustahi. Tapi target pribadi second round,” dia menambahkan.

Untuk mematangkan tim menuju Asian Games nanti, Fictor masih terus berupaya mencari pemain baru. Pelatih yang akrab disapa Ito itu mengidamkan pemain tinggi besar.

“Saya lagi cari pemain yang punya postur mumpuni untuk bersaing di Asian Games. Pokoknya badan yang tinggi besar. Saya sudah punya list. Naturalisasi salah satu caranya,” tambahnya.

“Nanti di Asian Games kita akan berhadapan banyak pemain yang posturnya lebih besar,” Fictor menegaskan.(Detik/TR)

LEAVE A REPLY